Iklim Dan Wilayah

Topografi

deli-serdang-250k-001-001Wilayah Kabupaten Deli Serdang terdiri dari daerah pantai, dataran rendah dan dataran tinggi pegunungan dengan luas ± 2.497.72 Ha terdiri dari 22 kecamatan, 380 desa dan 14 kelurahan.Datarann pantai terdiri dari 4 kecamatan ( Hamparan Perak, Labuhan Deli, Percut Sei Tuan,dan Pantai Labu ). Jumlah Desa sebanyak 64 Desa/Kelurahan

Potensi Utama adalah: Pertanian Pangan,Perkebunan Rakyat,Perkebunan Besar, Perikanan Laut, Pertambakan, Peternakan Unggas dan Pariwisata.

Dataran Rendah terdiri dari 11 kecamatan ( Sunggal, Pancur Batu, Namorambe, Deli Tua, Batang Kuis, Tanjung Morawa, Patumbak, Lubuk Pakam, Beringin, Pagar Merbau,dan Galang ) dengan jumlah  desa sebanyak 197 desa/kelurahan.

Potensi Utama adalah: Pertanian Pangan,Perkebunan Besar,Perkebunan Rakyat, Peternakan, Industri, Perdagangan dan Perikanan Darat.

Dataran Tinggi/Pegunungan terdiri dari 7 kecamatan ( Kutalimbaru, Sibolangit, Biru-biru, STM Hilir, STM Hulu, Gunung Meriah, Bangun Purba ) dengan jumlah desa sebanyak 133 desa.

Potensi Utama adalah: Pertanian Rakyat, Perkebunan dan Peternakan.

 Iklim

Kabupaten Deli Serdang mempunyai  2 ( dua ) musim yaitu: musim hujan dan musim panas ( kering ).

 Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang dimiliki oleh  Kabupaten Deli Serdang antara lain Sumber Daya kelautan, pertanian, perkebunan, air permukaan ( sungai ), hutan, pertambangan dan pariwisata.dua-warna

Di Kabupaten Deli Serdang terdapat  5 ( lima ) sungai besar, yaitu Sungai Belawan, Deli, Belumai, Percut  dan Ular  dengan luas DAS  378.841 HA, yang kesemuanya bermuara ke Selat Malaka dengan hulunya berada di Kabupaten Simalungun, dan Karo. Pada umumnya air sungai  ini  dimanfaatkan untuk mengairi  areal  persawahan sebagai upaya peningkatan produksi pertanian.

 

 

Potensi Pertanian

Sektor pertanian yang meliputi sub sektor pertanian tanaman pangan dan holtikultura, perkebunan, peternakan dan kehewanan, perikanan dan kelautan serta kehutanan memberikan kontribusi yang cukup besar dalam perkonomian daerah Kabupaten Deli Serdang.pertanian

 

 Potensi Tanaman Pangan dan Holtikultura

 Di sub sektor pertanian tanaman pangan dan holtikutura, daerah Kabupaten Deli Serdang hingga saat ini merupakan salah satu lumbung beras dan kontribusi yang tidak sedikit bagi Provinsi Sumatera Utara.

pisangBerbagai komoditi terkenal dan menjadi unggulan sebagai penunjang pembangunan pertanian, juga tumbuh dan dikembangkan di daerah ini seperti pisang barangan di kecamatan Biru-biru, STM Hilir  dan Namorambe, Belimbing, Jambu kelutuk atau jambu biji di Kecamatan Pancur Batu, Durian di Kecamatan Sibolangit, Biru-biru, Namorambe, STM Hilir, jeruk di Kecamatan Gunung Meriah.

 

 

Potensi Peternakan

 Ada beberapa jenis ternak yang dikembangkan di Kabupaten Deli Serdang seperti: ternak besar meliputi sapi perah, sapi pedaging dan kerbau, sedangkan ternak kecil meliputi kambing, biri-biri dan babi. Selain itu ternak ayam juga di kembangkan seperti ayam ras,ayam buras, ayam petelur dan bebek.lembu

Ternak besar dapat dikembangkan di Kecamatan Percut Sei Tuan,Batang Kuis, Pantai Labu, Labuhan Deli, Hamparan Perak, Sunggal, Pancur Batu, Kutalimbaru dan Beringin. Babi dapat dikembangkan di Kecamatan STM Hilir dan Sibiru-biru. Sedangkan kambing dapat dikembangkan hampir di semua kecamatan. Peternakan ayam telah berkembang di beberapa kecamatan seperti STM Hilir, Sunggal, Pancur Batu dan lain-lain.

 Potensi Perkebunan

 Di Kabupaten Deli Serdang terdapat Perkebunan Pemerintah asing seperti PT. LONSUM dan juga perkebunan swasta lokal yaang memproduksi karet, sawit, minyak kelapa, coklat dan tembakau.Perkebunan swasta asing adalah 7.381 Ha dengan produksi 96.615,8 ton, perkebunan swasta nasional 3.016,8 Ha dengan produksi 76.876 ton.Sedangkan perkebunan negara ( PTPN/BUMN ) seluas 32.472,3 Ha dengan produksi 312.773,31 ton dan perkebunan rakyat seluas 30.862,91 Ha dengan produksi 171.934,23 ton.sawit

 

 

 

Potensi Perikanan & Kelautan

ikanKabupaten Deli Serdang memiliki potensi perikanan yang cukup besar mengingat wilayahnya  sebagian merupakan kawasan pantai dengan panjang pantai 65 km yang dapat dikembangkan untuk berbagai komoditi perikanan laut, pertambakan, budidaya laut dan budidaya air tawar.

 Potensi Perindustrian

Sektor industri yang potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Deli Serdang adalah agroindustri, dimana jenis industri yang diolah yaitu hasil-hasil pertanian menjadi barang  jadi seperti tapioka, karet, minyak sawit, kayu, ubi kayu, kopi, kakao, ikan laut, makanan ternak dan lain-lain.industri

Berbagai industri skala sedang , menengah dan kecil yang berkembang dan menjadi andalan di Kabupaten  Deli Serdang  antara lain keramik, gelas, obat nyamuk,dan mie instan di Tanjung Morawa dan beberapa daerah lainnya,industri batu bata yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Lubuk Pakam, Pagar Merbau, Beringin, Pantai Labu dan Tanjung Morawa. Industri pembuatan kacamata, jam, mebel kayu dan rotan di  Tanjung Morawa dan Deli Tua, industri kompor, battere,paving blok di Sunggal.