Kependudukan

 

 

A.    Penerapan E-KTP Secara Nasional

    

 

 

 

 

 

 

 

 

     Dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang No. 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Peraturan Presiden No. 35 tahun 2010 tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Berbasis Nomor Induk Diperlukan (NIK).

    Pemerintah Pusat bersama dengan Pemerintah Daerah pada tahun 2010 sampai dengan 2012 melaksanakan 3 (tiga) program strategis di bidang Administrasi Kependudukan yang meliputi Pemutakhiran data kependudukan, penerbitan NIK dan Penerapan E-KTP.

   Berdasarkan Surat Edaran Kementrian Dalam Negeri No. 471.13/2715/SC tanggal 5 Juli 2010 perihal Pemutakhiran Data Kependudukan, penerbitan NIK dan Penerapan E-KTP.

    Pemerintah Kabupaten Deli Serdang pada tahun 2011 bersama dengan 197 Kabupaten Kota telah melaksanakan program penerapan E-KTP berbasis NIK secara Nasional yang telah berakhir pada bulan April tahun 2012, dan dilanjutkan secara Reguler sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang No. 23  Tahun 2006. 

      Dari 1.100.335 wajib KTP yang ditarget oleh Kementrian Dalam Negeri kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Deli Serdang, wajib KTP yang telah melakukan perekaman sebanyak 834.184, masih terdapat ± 266.151 wajib KTP yang belum melakukan perekaman E-KTP.

 

B.    Pemenuhan akan Hak Anak untuk Mendapatkan Akta Kelahiran

     Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Deli Serdang sebagai bagian sistem pencatatan sipil yang berfungsi untuk menentukan dan menetapkan status keperdataan (sipil) seseorang, pencatatan ini memberikan pengakuan hukum dari pemerintah terhadap identitas, silsilah, dan kewarganegaraan seseorang yang diwujudkan melalui pencatatan kelahiran yaitu berupa dokumen akta kelahiran.

Dokumen berupa Akta Kelahiran mempunyai 2 (dua) fungsi yaitu :

  1. Menunjukkan hubungan hukum antara anak dengan orangtuanya secara hukum.
  2. Merupakan bukti awal kewarganegaraan dan identitas diri pertama yang dimiliki anak.

          Dengan adanya akta kelahiran ini, maka anak secara yuridis berhak untuk mendapatkan perlindungan hak-hak kewarganegaraannya, misalnya : hak atas pendidikan, hak atas kesehatan, hak atas pemukiman, dan hak atas sistem perlindungan sosial lainnya.

          Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tetap memegang komitmen untuk terus berusaha memenuhi hak penduduk untuk memperoleh pelayanan yang sama dalam bidang pencatatan sipil khususnya pencatatan kelahiran.

       Dalam upaya untuk memenuhi akan hak anak untuk mendapatkan akta kelahiran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Deli Serdang dalam melaksanakan tugasnya melayani masyarakat berdasarkan keputusan Bupati No. 190 tahun 2011 tanggal 14 Maret 2011 tentang Perpanjangan Dispensasi Pelayanan Catatan Kelahiran di Kabupaten Deli Serdang tahun 2011 sebelum diberlakukannya secara efektif Undang-Undang No. 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

 

C.  Upaya yang Dilakukan   

     Sebagai solusi dari permasalahan tersebut di atas upaya yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Melanjutkan pelayanan perekaman E-KTP secara reguler bagi wajib KTP yang belum melaksanakan perekaman.
  2. Menyerahkan E-KTP yang telah selesai dicetak oleh Kementrian Dalam Negeri untuk diberikan kepada wajib KTP yang telah melakukan perekaman guna merangsang wajib KTP yang belum melakukan perekaman untuk dapat datang ke tempat perekaman data kependudukan melakukan perekaman E-KTPnya.
  3. Menghimbau para Camat untuk dapat memberitahu warganya yang belum melakukan perekaman E-KTP agar segera melakukan perekaman E-KTP nya.

     Dengan diberlakukannya secara efektif Undang-undang No. 23 tahun 2006 sejak Januari 2012 di Kabupaten Deli Serdang, pemenuhan akan hak penduduk untuk memperoleh akta kelahiran, yang pelaporan kelahirannya melampui batas waktu 1 (satu) tahun harus terlebih dahulu mendapat penetapan dari Pengadilan Negeri sebagaimana tercantum dalam pasal 32 ayat 2 Undang-Undang No. 23 tentang Administrasi Kependudukan.

     Upaya yang dilakukan untuk pemenuhan akan hak penduduk untuk memperoleh akta kelahiran khusus pelaporan kelahiran yang melampui batas waktu 1 (satu) tahun Pemerintah Kabupaten Deli Serdang telah melakukan perjanjian kerjasama tentang pelayanan publik melalui persidangan keliling perkara perdata permohonan pencatatan kelahiran dengan pengadilan negeri kelas I-B Lubuk Pakam PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Kanca Lubuk Pakam dan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Lubuk Pakam yang launcing perdananya telah dilaksanakan di kecamatan Galang.  

 

 


Foto Kegiatan Terbaru

 

Info Penting

 

Agenda Kegiatan Terbaru

 

Radio Online rpd 2 FM

Video Streaming

Jam & Waktu Sholat

Kalender

Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu
1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31

Polling

Find Us On Facebook

Twitter

Statistik


276500

Pengunjung hari ini : 121
Total pengunjung : 45333
Hits hari ini : 999
Total Hits : 276500
Pengunjung Online : 5

LPSE

SIRUP

Informasi Lelang

logo 68 Th Deli Serdang

WEBMail